Sensasi Rasa di Pecak Ikan & Ayam Bakar Pare Sunda



Merasakan suatu masakan di daerah asalnya merupakan kenikmatan tersendiri bagi saya. Kali ini saya tidak jauh-jauh dari Jakarta. Saya merasakan masakan Sunda langsung di daerahnya yaitu Kabupaten Bogor, tepatnya di Ciampea.
Saya dan beberapa teman seperjalanan, menemukan rumah makan Sunda yang diberi nama Pecak Ikan & Ayam Bakar Pare Sunda di wilayah Ciampea yaitu Jl. Raya Wr. Borong, Bojong Rangkas, Ciampea, Bogor. Lokasinya di depan Kantor Koramil Ciampea.
Dibandingkan kawasan lainnya yang lebih touristy seperti Kebun Raya dan pusat oleh-oleh di Jalan Pajajaran Kota Bogor, wilayah Ciampea memang belum terlalu menjadi tujuan utama pengunjung ke Bogor. Namun sejak banyak dibukanya objek wisata di bagian barat Kabupaten Bogor, Ciampea mulai banyak dilewati pejalan.
Ciampea merupakan pintu menuju beberapa lokasi wisata seperti Gunung Salak Endah (wisata alam), Bukit Kapur Ciampea (wisata olahraga panjat tebing), dan petilasan purbakala di Ciaruteun (wisata sejarah).

Nah, demi memuaskan perut yang lapar, saya mampir ke rumah makan Pecak Ikan & Ayam Bakar Pare Sunda. Tempatnya luas, tempat duduknya dapat dipilih mau duduk di kursi atau  lesehan.
Saya memilih duduk di lesehan dan memesan beberapa hidangan. Sesuai nama rumah makannya, saya pilih Pecak Ikan Gurame, ayam bakar, plecing kangkung, gorengan tahu tempe, tumis teri dan pete, serta jus mentimun.

Jus mentimun datang duluan, segera melepas dahaga saya di tengah teriknya matahari siang itu. Meskipun Bogor kota hujan, tapi Bogor sekarang rasanya panas euy.
Selanjutnya datang nasi bakul, ayam bakar, kangkung, tumis teri dan pete, dilengkapi gorengan tahu tempe,  sambal bawang dan lapapan. Khas Sunda banget.
Tanpa ampun makanan yang tersedia langsung diserbu sambil menunggu bintang utamanya hadir yaitu Pecak Ikan Gurame.

Akhirnya sepiring Pecak Ikan Gurame keluar juga. Satu ekor Gurame besar yang berkuah dan dihiasi potongan cabe merah dan aneka bumbu. Untuk menambah nikmat, ikannya dibakar terlebih dahulu sebelum dimasak menjadi Pecak Ikan.
Tanpa babibu lagi, Pecak Ikan Gurame dan aneka makanan lainnya segera tandas tak bersisa. Siang yang panas, terbayarkan sudah dengan perut kenyang dan sensasi rasa yang sulit dilupakan.
Bagi pengunjung yang kebetulan melewati daerah Ciampea, silahkan mencoba rasa yang ditawarkan rumah makan ini. Selain makanan yang saya pesan tadi, Pare Sunda juga menyediakan menu pepes seperti pepes ikan mas, pepes ayam, dan lain-lain. Juga menu tumisan seperti, tumis teri medan, dan tumis oncom hitam.
Dengan lokasi yang cukup luas, memang penataannya menurut saya masih perlu ditingkatkan. Namun bagi saya, yang penting adalah sensasi rasa yang dihadirkannya. Kalau saya ke Ciampea lagi, tentunya ingin mampir untuk merasakan menu-menu lainnya yang belum sempat saya coba sebelumnya.

Selamat makan !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menunggu Hujan Reda di Waroeng Nasi Djembat

Sensasi Makan Mangut di Mangut Lele Bu Is