Menunggu Hujan Reda di Waroeng Nasi Djembat


Saya masih berada di daerah Ciampea, Kabupaten Bogor. Dalam perjalanan pulang ke Jakarta, tiba-tiba hujan turun dengan derasnya. Bertepatan saat itu perut juga sedang lapar-laparnya.
Saya dan teman-teman seperjalanan berhenti di depan sebuah rumah makan dengan menu khas Sunda. Namanya Waroeng Nasi Djembat. Lokasinya di Jalan Raya Warung Borong Km 12 No. 1 Ciampea, Kabupaten Bogor.
Waroeng Nasi Djembat ini tempatnya luas. Di beberapa bagian dinding dihiasi dengan balok-balok kayu bulat dalam berbagai ukuran.
Interior di beberapa bagian dinding rumah makan

Pengunjung dapat memilih tempat duduk di lesehan atau di deretan meja dan kursi. Karena hujan diperkirakan masih lama, kami memilih duduk di lesehan.
Pramusaji rumah makan mempersilahkan kami memilih aneka lauk yang tersedia di meja panjang. Tadinya saya pikir pramusaji akan membawa buku menu untuk kami pilih. 

Kami segera menuju deretan meja panjang untuk memilih lauk dan sayur yang diinginkan, kemudian dipanaskan atau digoreng dahulu sebelum disajikan di meja kami.
Gurame Pindang Kare

Aneka lauk tersedia di meja seperti ayam, tahu, tempe, empal, dan lain-lain sebagaimana menu di warung Sunda. Ada juga masakan yang tinggal dipiringin tidak perlu digoreng lagi seperti Gurame Pindang Kare, Ayam Cabe Hijau, aneka tumisan dan pepes.
Favorit saya hari itu adalah semur jengkol. Ya, jengkol. Bau jengkolnya cukup menyengat, semakin menambah selera saya. Menurut saya, semakin menyengat bau jengkol semakin nikmat rasanya. Hehehe.

Tanpa menunggu lama kami segera menyerbu nasi putih, aneka lauk dan goreng-gorengan. Makan di tengah cuaca yang lagi hujan deras terasa nikmat. Angin dingin yang menyelimuti badan dapat diusir dengan makanan yang disajikan panas-panas.
Kalau sudah makan enak biasanya lupa waktu. Nasi sebakul sudah habis kami makan. Tinggal menyenderkan punggung sambil menikmati rasa kenyang.


Tak terasa hujan pun reda. Kami kembali ke Jakarta di bawah sisa-sisa hujan. Meninggalkan Ciampea yang telah memuaskan rasa kami akan masakan Sunda yang nikmat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sensasi Makan Mangut di Mangut Lele Bu Is

Sensasi Rasa di Pecak Ikan & Ayam Bakar Pare Sunda