Sensasi Makan Mangut di Mangut Lele Bu Is

Yogya adalah surganya makanan lezat. Selain gudeg, ingkung, dan bakmi godok, makanan yang cukup sensasional dan dirindukan di Yogya adalah Mangut Lele. Pada saat saya berkesempatan ke Yogyakarta beberapa waktu lalu, saya dan beberapa teman sengaja mengunjungi sebuah warung makan dengan menu khas Mangut Lele.
Bagi yang belum kenal dengan makanan ini, saya jelaskan sedikit ya. Mangut Lele merupakan  olahan ikan Lele yang digoreng setengah matang, setelah itu diberi bumbu mangut seperti daun jeruk, jahe, cabe, serai, daun salam, lengkuas, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kencur, dan lainnya. Kemudian dimasak dengan santan yang tidak terlalu kental. Makanan ini menjadi favorit bagi orang Yogya dan sekitarnya.

Sesuai rencana, kami menuju Mangut Lele Bu Is yang terletak di Jalan Imogiri Barat, Sumberagung, Jetis, Kabupaten Bantul. Tempatnya berada di utara lampu merah perempetan Jetis. Papan nama warungnya terletak agak ke dalam alias tidak terlihat persis di pinggir jalan. Jadi mata harus lebih awas melihat plang nama tersebut. Di depan warung ada penjual kelapa muda, mungkin dapat menjadi patokan.


Warungnya sederhana. Kita serasa mau makan di rumah sendiri. Tempat duduk tersedia di depan dan di dalam warung. Tak sabar kami segera memesan paket nasi dengan mangut lele lengkap.

Sambil menunggu pesanan, kami minum es kelapa muda. Melepaskan dahaga sejenak sekaligus menjadi hidangan pembuka sebelum menuju hidangan utama.




Tanpa menunggu lama, mangut lele pun terhidang beserta pasukannya. Ada urap, aneka sayuran rebus, daun kemangi, ketimun, tempe goreng, sambal terasi, serta cabe ijo dipotong kecil kecil yang ditumis/digoreng. Kami segera menyerbu hidangan yang tersedia. Mangut lelenya enak, sambal terasinya yang berwarna kecoklatan, cukup nendang rasanya.

Baqi pengunjung yang kurang menyukai lele, dapat memesan ayam goreng. Makan nasi dengan ayam goreng dipadu dengan pasukan pendamping mangut lele, juga tidak kalah seru.

 
Menurut pengelola warung, Mangut Lele Bu Is sudah ada sejak tahun 1973. Dengan demikian, Mangut Lele Bu Is ini adalah salah satu legenda warung mangut yang banyak pengemarnya.

Jika anda berkunjung ke Yogya khususnya Bantul atau dalam perjalanan menuju Pantai Parangtritis, jangan lupa untuk merasakan sensasi makan mangut di Mangut Lele Bu Is. Dijamin, uenak tuenan…..!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menunggu Hujan Reda di Waroeng Nasi Djembat

Sensasi Rasa di Pecak Ikan & Ayam Bakar Pare Sunda