Udang yang “Juara” di Gubug Udang Situ Cibubur


Saya masih terpesona dengan hidangan Sunda dan penasaran ingin menjajal masakan selain yang sudah saya makan di 2 (dua) rumah makan sebelumnya.
Untuk menuntaskan rasa penasaran tersebut, kali ini saya pilih tempat makan khas Sunda yang berlokasi di wilayah Jakarta. Jadi saya nggak perlu jauh-jauh ke Tanah Sunda.
Pilihan saya jatuh kepada RM Gubug Udang Situ Cibubur. Ya, tempat makan ini memang terletak di Cibubur dan berada persis di sebelah Situ Cibubur, hanya dibatasi pagar/tanaman.
Situ Cibubur dilihat dari Gubug Udang

Gubug Udang sudah cukup terkenal bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Pada jam makan  terutama hari Sabtu dan Minggu, tempat ini ramai sekali.
Bagi pengunjung yang membawa kendaraan tidak usah khawatir, karena lahan parkir tersedia. Ketik saja di Google Maps, maka dijamin anda akan sampai di Gubug Udang Situ Cibubur.

Begitu saya memasuki tempat makan, suasana asri langsung terasa. Pengunjung dapat memilih duduk di deretan kursi meja atau lesehan di saung-saung yang bertebaran di atas kolam.

Supaya lebih dekat dengan alam, saya memilih duduk lesehan di sebuah saung. Di bawah saung yang saya tempati, bertebaran ikan-ikan berwarna merah, orange, dan kuning, yang berebut makanan. Sangat menarik pandangan mata.
Sesuai nama tempatnya, saya memilih menu utama udang, yaitu Udang Bakar Madu. Sebagai pelengkap ada Gurame Bakar Kecap, plecing kangkung, tahu tempe, pete bakar, nasi putih, dan tak ketinggalan, sambal.
Tanpa harus menunggu lama, pesanan saya datang. Bau harum Udang Bakar Madu benar-benar menggoda. Saya tak sabar untuk segera memakannya.

Begitu gigitan pertama, udangnya langsung membuat saya jatuh cinta. Udangnya terasa sangat gurih. Rasa gurih dari aneka bumbu ditambah madu, benar-benar membuat udangnya “Juaraaaa!”. Gurih udang merata di kulit dan dagingnya.
Saya susah menjelaskan enaknya rasa Udang Bakar Madu dengan kata-kata. Pokoknya benar-benar “juaraa…”. Silahkan pembaca yang penasaran cobain sendiri.

Setelah selesai makan, saya minta bon pembelian di kasir. Ternyata harganya sebanding dengan rasa makanannya. Hehehe. Nggak apa-apa lah.

Meminjam istilah, ada harga ada mutu. Dengan udang yang “juara” harganya juga “juara”. Namun sebanding lah menurut saya. Yang pasti, saya sudah menuntaskan keinginan saya makan udang ala masakan Sunda di Gubuk Udang Situ Cibubur, dengan kondisi perut kenyang karena udang yang ternyata “Juaraaaaa!”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menunggu Hujan Reda di Waroeng Nasi Djembat

Sensasi Makan Mangut di Mangut Lele Bu Is

Sensasi Rasa di Pecak Ikan & Ayam Bakar Pare Sunda